Anggaran ini memuat mengenai rencana penjualan selama
periode/waktu anggaran (pada umumnya satu tahun), yang dinyatakan dalam satuan
uang dan juga kuantitas penjualan. Anggaran ini disusun berdasarkan Proyeksi
Penjualan yang dibuat oleh perusahaan. Anggaran Penjualan sering disebut juga
sebagai anggaran kunci dalam proses penyusunan anggaran, sebab anggaran
tersebut merupakan dasar dari penyusunan jenis-jenis anggaran yang lain,
diantaranya yaitu: Anggaran Produksi, Anggaran Kas , Anggaran Biaya Nonproduksi,
serta Anggaran Rugi-Laba.
Definisi dari anggaran penjualan adalah
suatu anggaran yang
menerangkan secara terperinci dan juga teliti tentang penjualan perusahaan
dimasa dating, dimana didalamnya terdapat rencana tentang jenis-jenis barang,
jumlah, harga, waktu maupun tempat penjualan barang tersebut.
Faktor
Yang Mempengaruhi Anggaran Penjualan
Menurut M. Nafarin (2007:169), bahwa anggaran penjualan
dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya :
- Faktor Pemasaran. Luas pasar, apakah bersifat lokal, regional, nasional,atau internasional; keadaan persaingan, apakah bersifat monopoli, oligopoli, atau bebas; keadaan konsumen, bagaimana selera konsumen apakah konsumen akhir atau konsumen industri.
- Faktor Keuangan, yang perlu diperhatikan perusahaan antara lain mengenai kemampuan modal kerja mendukung pencapaian target penjualanyang dianggarkan, seperti untuk membeli bahan baku, membayar upah, biaya promosi produk dan lain-lain.
- Faktor Ekonomis, yang perlu diperhatikan perusahaan antara lain dengan meningkatnya penjualan berarti meningkatkan laba (rentabilitas) atau sebaliknya.
- Faktor Kebijakan Perusahaan, yaitu seperti kebijakan membuat produk dengan kualitas nomor satu sehingga kesempatan untuk menjual produk nomor dua dan nomor tiga menjadi tertutup.
- Faktor Perkembangan Penduduk, faktor perkembangan penduduk juga mempengaruhi anggaran, misalnya peningkatan kelahiran dapat meningkatkan konsumsi susu, pakaian, mainan dan lain-lain.
- Faktor Kondisi Politik, Sosial, Budaya, Pertahanan dan Keamanan
- Faktor Teknis, apakah kapasitas seperti mesin dan alat mampu memenuhi target penjualan yang dianggarkan apakah bahan baku dan tenaga kerja mudah dan murah.
- Faktor Lainnya, apakah pada musim tertentu anggaran penjualan ditambah, apakah kebijaksanaan pemerintah tidak berubah sampai lama anggaran yang disusun harus dapat dipertahankan.
Sedangkan ada dua faktor lagi yang akan disebutkan dan harus
dipertimbangkan dalam penyusunan anggaran penjualan menurut Tendi Haruman dan
Sri Rahayu (2007:45) yaitu:
1. Faktor-faktor
Internal, faktor intern adalah penilaian data yang berasal dari dalam
perusahaan yang mempengaruhi anggaran penjualan Faktor intern yang di maksud di
sini dapat berupa :
- Penjualan tahun-tahun yang lalu
- Kebijakan perusahaan yang berhubungan dengan masalah penjualan
- Kapasitas produksi yang dimiliki serta kemungkinan perluasannya
- Tenaga kerja yang tersedia baik jumlah maupun keahliannya
- Modal kerja yang dimiliki perusahaan
- Fasilitas lain yang menunjang
2. Faktor
Ekternal, faktor yang mempengaruhi anggaran penjualan yang di maksud
adalah, sekumpulan data yang berasal dari luar perusahaan yang mempengaruhi
anggaran penjualan perusahaan, faktor ekstern yang mempengaruhi dapat berupa :
- Keadaan persaingan di pasar
- Posisi perusahaan dalam persaingan
- Tingkat perumbuhan penduduk
- Elastisitas permintaan terhadap harga barang yang dihasilkan.
- Kebijaksanaan-kebijaksanaan pemerintah yang berpengaruh\
- Tingkat penghasilan masyarakat.
- Kebijakan pemerintah.
- Keadaan perekonomian nasional / internasional.
- Kemajuan tekhnologi, barang – barang substitusi, selera konsumen, dan masih banyak lagi.
Penyusunan Konsep Anggaran Penjualan
Penyusunan konsep anggaran penjualan dapat di katakan
mencakup segala kegiatan di bidang penjualan. Komponen – komponen konsep
anggaran penjualan adalah :
1. Dasar –
dasar penyusunan anggaran :
- Menyusun tujuan perusahaan
- Menyusun strategi perusahaan
- Menyusun forecast penjualan
2. Menyusun
anggaran penjualan dan anggaran lain yang terkait dengan penjualan yakni :
- Anggaran promosi dan advertensi
- Anggaran biaya-biaya penjualan
- Rencana pemasaran
0 Comments