Laporan bisnis adalah suatu laporan yang bersifat netral, memiliki tujuan yang jelas serta menyajikan fakta kepada seorang atau lebih dalam rangka mencapai tujuan bisnis tertentu. Laporan  bisnis  ialah setiap dokumen  faktual  yang  menyatakan  tujuan  perusahaan merupakan sarana manajerial  untuk menginformasikan atau memberikan kontribusi  pada pengambilan keputusan harus bersifat akurat, lengkap dan obyektif.
Dalam bisnis, secara umum penulisan laporan digunakan untuk memenuhi berbagai keperluan antara lain:

  1. Untuk memantau dan mengendalikan operasi perusahaan; misalnya, laporan operasi, laporan kegiatan karyawan.
  2. Untuk membantu mengimplementasikan kebijakan dan prosedur yang telah ditetapkan perusahaan; misalnya kebijakan penempatan karyawan.
  3. Untuk memenuhi persyaratan hukum dan peraturan yang berlaku bagi perusahaan; misalnya laporan pajak, laporan analisis dampak lingkungan, laporan ketenagakerjaan (perburuhan).
  4. Untuk mendokumentasikan kinerja, baik untuk kebutuhan internal maupun eksternal; misalnya laporan kinerja, laporan perkembangan kegiatan.
  5. Untuk menganalisis informasi dan memberikan masukan bagi pengambilan keputusan atas isu tertentu; misalnya laporan riset, laporan justifikasi.
  6. Untuk memperoleh sumber pendanaan dan membuka bisnis baru; misalnya proposal penjualan, proposal pengembangan produk baru. 

Pada Umumnya penulisan laporan bisnis digunakan untuk memenuhi berbagai keperluan, antara lain :
  1. Untuk memonitor dan mengendalikan operasional perusahaan. Misalnya laporan kegiatan personal
  2. Untuk membantu mengimplementasikan kebijakan-kebijakan dan prosedur yang telah di tetapkan perusahaan. Contoh : penempatan posisi kerja.
  3. Untuk memenuhi persyaratan-persyaratan hukum dan peraturan-peraturan yang berlaku bagi perusahaan. Misalnya Laporan pajak, Laporan analisa dampak lingkungan, laporan ketenagakerjaan (perburuhan)
  4. Untuk mendokumentasikan prestasi kerja yang diperlukan baik bagi keperluan internal maupun eksternal. Misalnya Laporan perkembangan dan laporan akhir suatu kegiatan
  5. Untuk menganalisis informasi dan memberikan bimbingan bagi pengambilan keputusan atas masalah tertentu
  6. Untuk memperoleh sumber pendanaan atau membuka bisnis baru, misalnya proposal penjualan.

Menurut Fungsinya, Laporan Bisnis terbagi menjadi dua yaitu :
  1. Untuk Informasional
  2. Untuk Analisis

Berikut Bagan suatu Laporan Bisnis