Hai Sobat Rei, kali ini Rei ingin membagikan tips cara mereset Windows 10 tanpa harus mengistall ulang komputar Sobat sekalian. Artikel ini saya tulis untuk membagikan sedikit solusi atas masalah yang pernah saya alami pada Operating System Windows 10 yang saya pakai diantaranya : Virus, Bug Software, Crash dalam menginstall windows update, serta faktor lainnya, dan mungkin dialami oleh Sobat sekalian 😊

Microsoft sendiri menyiapkan fitur untuk melakukan reset terhadap OS Windows 10 tanpa harus melakukan install ulang pada laptop Sobat. Dan menurut saya fitur tersebut sebenarnya mirip dengan install ulang karena selain mereset kembali OS juga langsung melakukan auto update terhadap Windows 10.

Berikut adalah langkah-langkah dalam merest Windows 10 Tanpa Ribet :


1. Klik tombol Start, kemudian ketikkan “Reset this PC” pada kolom Search, dan pilih Reset this PC



2. Kemudian akan muncul kotak dialog Setting. Pada Update & Security pilih Recovery, kemudian klik Get Started


- Setelah itu muncul kotak dialog Reset this PC, dan Sobat sekalian akan dihadapkan pada 2 pilihan diantaranya :

Keep my files, yang berarti pada proses reset PC nanti yang direset hanya applikasi terinstal serta membalikkan semua settingan Windows 10 menjadi default. Pada pilihan ini semua data files Sobat tidak akan hilang dan tetap aman seperti semula.

Remove everything, yang berarti pada proses reset PC nanti Windows 10 akan menghapus semua data yang ada pada harddisk Sobat, tidak hanya applikasi terinstall dan settingan saja yang dihapus melainkkan semuanya.


- Jika Sobat Memilih Keep my files maka dapat mengikuti langkah berikut :

Akan muncul kotak dialog “Your apps will be removed”, kemudian klik Next


Setelah itu akan muncuk kembali kotak dialog “Ready to reset this PC”, kemudian klik Reset.


Setelah klik Reset maka akan berlangsung proses reset Windows 10, Sobat dapat menunggunya hingga selesai tereset dan jika Sobat menggunakan laptop pastikan laptop tersebut terhubung dengan charger untuk menghindari kehabisan baterai saat proses berjalan.

Jika Sobat Memilih Remove everything maka dapat mengikuti langkah berikut :

Akan muncul kotak dialog “Your PC has more than one drive”, kemudian terdapat 2 pilihan


Pilihan pertama yaitu “Only the drive where windows is installed” yang berarti hanya drive yang berisi windows yang akan di format semua isinya pada saat proses reset berlangsung.

Pilihan kedua yaitu “All drives” yang berarti semua drive yang ada pada PC Sobat akan di format semua isinya pada saat proses reset berlangsung (like new install ulang).
Setelah memilih dari kedua pilihan diatas Sobat dapat langsung klik Reset / Next sampai proses reset berjalan.



Nah itu dia tips untuk Mereset Windows 10 tanpa ribet dan tanpa harus install ulang OS di PC Sobat, serta sekaligus menghemat biaya untuk melakukan install ulang bagi Sobat yang tidak memahami dengan baik mengenai install ulang OS khususnya Windows pada PC Sobat, Semoga bermanfaat 😊